UNSUR MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN
Unsur yang terdapat dalam multimedia
ini sesuai dengan definisi yang telah dijelaskan pada bab awal. Ada 5 komponen
multimedia yag dijelaskan Hofstetter (2001) dalam buku Multimedia Literacy
yaitu: suara, animasi, video, grafik, dan teks.
a.
Suara
Multimedia tanpa bunyi disebut unimedia. Bunyi atau audio dalam
multimedia. Bunyi memainkan peranan penting dalam teknologi multimedia saat ini.
Terdapat berbagai cara yang dapat digunakan agar dalam suatu multimedia
terdapat suara manusia. Antara lain dengan cara merekam menggunakan microphone
atau pengeras suara yang telah tersedia pada setiap komputer. Format yang
mendukung suara adalah : mp3, wav, voc, snd, aud dan sebagainya. Di dalam
sebuah tampilan slide multimedia pembelajaran bisa kita sisipkan berbagai macam
suara yang bisa menjadikan tampilan itu lebih menarik untuk diikuti. Bunyi
menghapuskan perasaan janggal dan seolah-olah pengguna sedang berkomunikasi
dengan manusia lain dan bukan dengan mesin. Dahulu suara berbentuk data atau
sinyal analog yang direkam kedalam pita kaset, saat ini telah berkembang
menjadi sinyal digital yang dapat disimpan dalam media penyimpanan komputer.
Format audio yang paling banyak digunakan dalam file digital ini adalah mp3,
midi, rm, aif, dan wav. Sedangkan dari segi kualitas audio yang baik, saat ini
format mp3 merupakan pilihan yang terbaik. Disamping kapasitas file yang
relatif kecil, suara yang dihasilkan juga cukup bagus. Untuk audio digital ini
dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita. Software yang dapat digunakan untuk
mengolah audio antara lain Adobe Audition, Cool Edit, Sony Sound Forge, dan
lain sebagainya
b.
Animasi
Animasi adalah salah satu elemen multimedia yang cukup menarik,
karena animasi membuat sesuatu seolah-olah bergerak. Animasi merupakan
rangkaian sejumlah gambar yang ditampilkan secara bergantian. Animasi tidak
hanya berguna untuk film saja, dalam dunia situs web, animasi digunakan untuk
memberikan sentuhan manis pada situs. Sedangkan dalam dunia pendidikan, animasi
dapat digunakan sebagai alat bantu penjelasan agar orang-orang yang diajar bisa
lebih memahami maksud suatu konsep. Animasi dibagi dalam 2 kelas besar yaitu
animasi 3 Dimensi dan animasi 2 Dimensi. Software yang dapat digunakan dalam
membuat animasi cukup banyak diantaranya adalah Flash MX, Swish MX, Blender,
untuk animasi 2D sedangkan 3DS Max, Maya 3D, Alias Maya, dan Autocad merupakan
software yang dapat digunakan untuk membuat animasi 3D.
c.
Video
Video dalam multimedia
memiliki peran yang sangat penting. Dengan video pengguna akan merasa lebih
dekat dengan apa yang ingin dipelajari. Video bisa lebih memberikan penjelasan
yang bisa diambil kesimpulan secara mandiri oleh pengguna sehingga lebih mudah
untuk diingat dan difahami. Penggunaan video dalam multimedia memiliki
kelebihan tersendiri. Tampilan video sebagai gambar hidup dapat meningkatkan
keefektifan multimedia dalam menyampaikan pesan atau misi yang dibawa. Dalam
multimedia video cukup berperan, disamping kelebihannya dapat direkam dan
diputar ulang, video lebih mampu menjelaskan tentang suatu proses karena
terdapat penggabungan 2 indera yaitu penglihatan dan pendengaran, sehingga
materi yang disampaikan oleh video tersebut lebih mudah diserap dan dimengerti
oleh peserta didik. Pada masa awal video, media ini hanya berupa tampilan
visual bergerak tanpa suara. Media yang digunakan untuk menyimpan atau merekam
gambar merupakan pita yang di tata sedemikian rupa. Saat ini dengan
perkembangan teknologi komputer, memberikan efek baik pada perkembangan video.
Video yang pada awalnya berupa sinyal-sinyal yang disimpan dalam media pita,
sekarang dapat disimpan dalam media elektrik yaitu digital video. Dengan
berkembangnya teknologi dibidang komputer ini, digital video dikemas dalam
beberapa format yaitu mpeg, avi, dat, ogg, flv, dan lain sebagainya, dapat
dirubah sesuai dengan kebutuhan dari editor atau perancang dengan menggunakan
beberapa software yang cukup banyak digunakan dalam industri perfilman.
Beberapa software yang ada adalah Sony Vegas yang dirilis oleh Sony Pictures
Digital Inc, yang saat ini telah mencapai versi ke 7, Adobe Premier oleh Adobe
System Incorporated, Pinnacle Studio, dan Microsoft dengan Windows Movie Maker.
d.
Grafik
Grafik boleh didefinasikan sebagai sebuah lukisan, pencetakan,
gambar atau huruf dengan menggunakan berbagai media secara manual atau
menggunakan teknologi komputer. Seni grafik berkomputer digunakan secara meluas
dalam dunia kejuruteraan, industri berat, animasi dan perfilman. Teknik ini
dapat menampakkan atau menvisualkan suatu imaginasi seseorang pada monitor
komputer. Software yang dapat digunakan untuk mendesain atau melakukan
manipulasi gambar digital adalah Corel Draw dan Corel Photo yang telah mencapai
versi 13, Adobe Photoshop, Paint, ACDSee, dan lain sebagainya. Format gambar
yang didukung dalam multimedia cukup beragam mulai dari BMP, JPG, tiff,
ico,PNG, dan lain sebagainya.
e.
Teks
Teks adalah sejenis data yang paling mudah dan memerlukan
sedikit ruang untuk mengingat. Teks boleh digunakan dalam berbagai sub bidang
untuk memberi penjelasan kepada suatu perkara dalam bentuk bacaan. Text
berfungsi untuk memperkokoh media-media lain. Teks merupakan sarana penyampaian
informasi. Penggunaan teks dalam multimedia tergantung pada karakteristik
multimedia tersebut. Sebuah game multimedia tidak memerlukan teks yang banyak,
sebaliknya sebuah multimedia ensiklopedi membutuhkan teks yang banyak. Secara
umum terdapat empat tipe teks :
1) Teks cetak
Yaitu teks yang tercetak di atas kertas penggunaan
teks ini sebagai basis dokumen pada multimedia harus diolah agar mampu dibaca
oleh mesin.
2) Teks hasil scan
Teks jenis ini merupakan teks yang dihasilkan
oleh scanner, merupakan hardware yang dapat digunakan untuk merubah teks cetak
atau gambar cetak menjadi data elektrik sehingga dapat dibaca dan diedit dengan
bantuan komputer.
3) Teks elektronik
Yaitu teks yang dihasilkan oleh perangkat
elektronik. Teks ini dapat dibaca komputer dan dikirim melalaui jaringan.
4) Hyperteks
Hyperteks merupakan dasar dalam produksi
multimedia. Hyperteks adalah teks yang telah masuk link. Teks dengan tipe ini
memungkinkan sisi interaktif dalam multimedia terpenuhi.
Komentar
Posting Komentar